Per Januari 2012, blog saya migrasi ke Wordpress ya. Ini tautannya kalau mau mampir (http://okki-sutanto.com), trims! =D

Rabu, 05 Januari 2011

First Book in 2011: Speed Reading Better Recalling

Speed Reading Better Recalling
(oleh Gordon Wainwright)
Pratinjaunya bisa dibaca di SINI
Salah saru Resolusi Tahun 2011 saya adalah membaca 20 buku.
Kemarin saya baru saja menyelesaikan membaca buku pertama saya di tahun 2011 ini.
Judulnya adalah Speed Reading Better Recalling, karya Gordon Wainwright.
Saya tidak membeli buku ini, buku ini saya pinjam dari perpustakaan kampus saya. Ketika melihat judulnya, saya tertarik. Siapa tahu buku ini bisa membuat saya membaca dengan lebih cepat, toh memang saya gemar membaca.

Setelah membaca, ternyata tidak terlalu banyak hal yang saya dapatkan dari buku setebal 136 halaman ini. Bukan karena bukunya "tidak berisi", tapi karena kebanyakan metode yang diajarkan memang sudah saya lakukan ketika membaca. Bagaimana pun, buku ini memang dirancang sebagai modul latihan membaca cepat. Ada program yang dirancang, dan evaluasi kuantitatifnya berupa tingkat kecepatan membaca (dalam kata-per-menit / kpm), dan pemahaman membaca (dalam %). Bagi yang merasa kecepatan membacanya cukup lambat, saya sangat menyarankan untuk membaca buku ini.

Secara garis besar saja, beberapa tips yang menurut saya cukup berguna setelah membaca buku ini antara lain (tidak semua ya, silakan baca buku ini saja jika ingin tahu semuanya):
1. BERUSAHALAH untuk membaca lebih cepat dari biasanya, kebanyakan dari kita belum membaca dengan kecepatan maksimum yang kita miliki.
2. Tak perlu sering-sering KEMBALI lagi ke paragraf / kalimat sebelumnya ketika membaca, seringkali ini dilakukan hanya karena kita kurang percaya diri / yakin akan kemampuan kita.
3. Bacalah SEKELOMPOK KATA sekaligus daripada membaca kata-per-kata karena memang mata kita memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut.
4. Tahulah kapan harus mengatur TEMPO membaca kita. Ada kalanya kita perlu melakukan skimming (baca sepintas lalu), ada kalanya kita harus membaca dengan sangat mendetil. Sesuaikan dengan kebutuhan.
5. Sering-seringlah membaca dan LATIHAN membaca cepat.

Ya, demikianlah buku pertama di tahun 2011 yang saya baca.
Nantikan buku-buku selanjutnya! =)

Sebagai sebuah buku "How-To" / Tutorial, rating saya untuk buku ini adalah sbb:
Rating buku:  (6/10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...