Per Januari 2012, blog saya migrasi ke Wordpress ya. Ini tautannya kalau mau mampir (http://okki-sutanto.com), trims! =D

Senin, 18 Februari 2008

Aku, gitar, dan kenangan yang terkoyak

Nih cerpen gw bikin pas kelas 3 SMA, udah pernah gw post di blog friendster sih. Tapi berhubung gw udah gak ngurusin tuh blog lagi, gw copy aja deh ke sini. PERHATIAN: INI CUMA CERPEN LOH! hahaha..
So, let's get it started!


Aku, Gitar, dan Kenangan yang Terkoyak!

Pandangan mata gw terpaku pada sebuah benda di sudut kamar. Sebuah gitar. Gitar itu tampak usang. Meski tidak rusak, debu yang menyelimutinya membuatnya terlihat menyedihkan. Masih gw ingat jelas, terakhir kali senar-senar gitar itu gw petik setahun yang lalu. Sekitar tiga bulan sebelum gw lulus SMA. Life was just perfect for me that time.



Waktu itu, gw lagi ngejar seorang cewek, Klara namanya, temen sekelas gw. Dia berhasil ngebuat gw berpikir bahwa tiada tempat seindah sekolah. Dia memenuhi dua standar utama kriteria cewek gw, enak gw liat, n pinter! Semua berjalan lancar, gw berhasil jadi teman cowok terdekat dia . Pernah suatu ketika gw ajak dia makan malam, kita bercerita banyak hal. Juga tentang mimpi kecilnya yang telah lama ia miliki, adanya seorang cowok menyanyikan sebuah lagu sambil bermain gitar untuknya. Ia bercerita dengan mata berseri, membuat jantung gw berdebar, sekaligus membuat gw pengen membuat mimpinya menjadi kenyataan.

Karena itulah, mulai keesokan harinya gw langsung meminjam gitar kakak gw. Gw yang sebelomnya gak memiliki ketertarikan sama sekali sama alat musik, langsung minta diajarin maen gitar sama abang gw. Sejak hari itu, setiap saat gw selalu megang tuh gitar. Abang gw yang ngeliat antusias gw, akhirnya ngasih gitarnya ke gw. Entah karena luapan inspirasi saat itu, gw berhasil ciptain satu lagu buat Klara. Gw terus mengasah kemampuan gitar gw sambil nunggu kesempatan buat mewujudkan mimpi kecil klara.

Tak lama, kesempatan datang! Ada teman sekelas gw yang ulang tahun, ia mengundang semua teman sekelas buat datang ke BBQ Party di rumahnya pada malam hari. Gw minta ijin ama tu anak minta waktu pada saat pesta, untuk menyanyikan sebuah lagu. Ia pun mengiyakan. Sepulang sekolah langsung gw persiapkan segala sesuatu. Gw sempurnain lagi lagu yang udah gw ciptain. Ga lupa gw beli juga mawar buat gw kasih ke Klara. Gw merasa, malam itu akan menjadi malam terindah dalam hidup gw.

Malam pun tiba. gw tiba di rumah teman gw yang berulang tahun. Gitar dan mawarnya gw simpan terlebih dahulu di dalam mobil, karena ingin membuat surprise. Acara makan-makan pun dimulai, mata gw ga bisa lepas dari keanggunan yang dipancarkan diri Klara. Dia yang tercantik malam itu! Gw berpikir ini momen yang tepat buat melakukan rencana gw, gw bergegas ke mobil buat ambil gitar.

Tapi sebelum sempat gw lakukan semua itu, terdengar suara sahabat karib gw berbicara di tengah keramaian, ia meminta perhatian semua hadirin, ia ingin memainkan sebuah lagu untuk mengungkapkan perasaannya kepada gebetannya. Gw tersenyum kecil, bisa-bisanya ada orang yang berpikiran sama. Akhirnya gw tunda niatgw buat menonton dia memainkan lagu The reason – Hoobastank. Saat lagunya selesai, dia manggil seorang cewek untuk maju ke depan, untuk menjawab ungkapan perasaannya itu. Sama sekali gw terlintas di pikiran gw kalo nama yang bakal dia panggil adalah Klara!. Rencana gw buat bikin kejutan batal, gw malah diberi kejutan! Sorak sorai teman-teman gw yang lain ngebuat gw risih, gw ga sabar pengen tau apa jawaban Klara. Dalam hati gw berteriak dan memohon supaya jawabannya tidak seperti yang gw bayangin. Waktu berjalan amat lambat saat itu, dunia serasa berhenti. Detik demi detik gw lalui dengan amat cemas, degupan jantung gw pun bisa gw rasain. Namun akhirnya, dengan wajah tersipu Klara mengangguk! Sorak sorai hadirin pun makin riuh. Klara dan sahabat karib gw pun berpelukan, menyatakan cerita cinta mereka berdua baru saja dimulai.

Gw hancur, dalam sekejap pijakan gw runtuh. Gw perlahan menyingkir dari kerumunan orang. Gw lanjutin apa yang tadi mao gw lakukan, yaitu ke mobil. Tapi ke mobil bukan untuk ngambil gitar dan mawar, melainkan untuk bergegas pulang. Sesampainya di rumah gw buang mawar itu dan gw lempar gitar di sudut kamar gw. Gw berjanji ga akan pernah nyentuh gitar itu lagi. Kenangan yang disimpannya pahit, teramat pahit bahkan.

Butuh waktu lama buat gw berpikir dan merenung kenapa ini harus terjadi. Masih gw ingat jelas malam itu sahabat gw girim sms yang isinya: “In war and love, everything is fine! There’s no cheater!”. Awalnya gw menganggap itu hanyalah kata-kata seorang pecundang yang tega mengkhianati sahabatnya sendiri. Tapi seiring berjalannya waktu, gw mulai bisa menerima kenyataan, dan merelakan Klara untuknya. Mungkin Klara akan lebih bahagia dengannya.

Malam ini, setelah lama gw pandangi lagi gitar itu, entah mengapa kenangan-kenangan buruk itu mulai menghilang. Yang gw rasakan lagi justru kenangan indah saat Klara masih menjadi sumber kebahagiaan gw. Akhirnya, gw raih gitar itu, gw bersihin debunya pake tangan. Dan gw nyanyiin lagi lagu yang dulu gw ciptain untuk Klara. Tanpa sadar, senar-senar yang indah itu terasa licin. Basah. karna air mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...