Per Januari 2012, blog saya migrasi ke Wordpress ya. Ini tautannya kalau mau mampir (http://okki-sutanto.com), trims! =D

Selasa, 19 April 2011

Satu tulisan per hari? Yuk!

Catatan Pribadi.


Kapan terakhir kali saya menulis? Saya sendiri tidak ingat persisnya kapan.
Yang pasti, sudah cukup lama. Entah tulisan ilmiah, cerpen, maupun esai, sudah cukup lama tidak saya hasilkan. Alasannya tentu ada: berbagai pekerjaan, pikiran, dan masalah yang datang silih berganti beberapa bulan belakangan. Entah itu pekerjaan / pikiran / masalah yang benar-benar ada, atau sebenarnya hanya saya ada-adakan. Hehehe.

Padahal, saya tahu saya suka menulis. Saya juga berangan merintis karir di dunia kepenulisan. Lantas, apa yang saya harapkan jika saya tidak menulis? Gila memang. Ibarat saya ingin jadi anggota DPR, tapi tidak pernah berusaha mendengarkan aspirasi rakyat (maaf jika analoginya kurang tepat, saya tahu sebagian dari kita merasa di negeri ini hal barusan tidak berlaku, untuk jadi anggota dewan tidak butuh persyaratan apa-apa, kecuali uang, mungkin).

Arswendo pernah berkata "Mereka bilang saya ini gila karena senang betul menulis. Mereka itu salah. Yang benar adalah saya bisa gila kalau saya tidak menulis,". Rasanya saya kini mengerti apa yang dikatakan Arswendo. Ide untuk menulis selalu muncul setiap harinya! Berbagai pemikiran juga berseliweran di kepala. Tapi ya sudah. Hanya sebatas di otak saja, tanpa berusaha dituangkan dalam kata-kata. Jika ini saya biarkan, mungkin apa yang ditakutkan Arswendo akan terjadi: saya bisa gila.

Oleh sebab itu saya berikhtiar, mulai hari ini saya akan menulis setiap harinya. Baik itu tulisan santai atau serius, baik itu tulisan fiksi atau ilmiah. Satu tulisan per hari. Menjelang ulangtahun saya yang ke-20, saya juga melakukan hal serupa, dan cukup berhasil. Selama sebulan saya menghasilkan nyaris dua puluh tulisan. Jika dibandingkan dengan 1.5 tahun yang lalu, di mana kuliah sedang di puncak kepadatannya, harusnya saat ini hambatan untuk menulis sudah jauh berkurang. Kesibukan organisasi sudah jauh berkurang, kuliah pun tinggal menyisakan skripsi.

Baiklah, sekian saja tulisan pembuka hari-hari penuh tulisan saya ke depannya. Anggap saja tulisan ini menjadi tulisan pertama saya. Semoga saya sanggup bercinta dengan kata-kata, setiap harinya, sebagaimana yang dilakukan rekan-rekan saya di http://makna-kata.blogspot.com/ (sekaligus promosi! hahahaha)

Sekian dan terima kasih.
Sampai jumpa di tulisan-tulisan saya berikutnya.

Jakarta, 19 April 2011
Okki Sutanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...